Friday 3 September 2010

Windows Easy Transfer Trick

Windows Easy Transfer adalah wizard software yang memungkinkan Anda untuk mentransfer file dan settingan (pengaturan) dari satu komputer ke komputer lainnya. Sayangnya Anda tidak dapat mentransfer program hanya settingan program saja.

Windows Easy Transfer tersedia pada Windwos Vista dan Windows 7. Untuk Windows Vista memiliki sedikit perbedaan tampilan dari Windows 7 namun memiliki kegunaan yang sama.


Sebelum melakukan "Clean Install" Windows 7 Home Premium pada komputer Saya, Saya menyimpan file-file dan folder-folder menggunakan Windows Easy Transfer. Saya dapat mengcopy data ke hard drive portable.

Apa yang dapat Anda transfer?

Dengan Windows Easy Transfer Anda dapat memindahkan:

  • user accounts
  • dokumen
  • musik
  • gambar
  • email
  • internet favorites
  • program settings

Penggunaan Windows Easy Transfer

Tip! Ketika Anda akan memulai wizard ini, kemungkinan User Account Control (UAC) akan ikut campur, jika ini terjadi maka abaikan saja dengan klik tombol ok.

  1. Klik tombol Start
  2. Pada search, ketikkan Windows easy transfer
  3. Pada bagian atas Search Results Box, klik Windows easy Transfer

  4. Windows Easy Transfer muncul, memberikan daftar item yang dapat Anda transfer

  5. Klik tombol Next
  6. Pada jendela berikutnya pilih method:

    Catatan: Saya memilih metode ketiga.
  7. Pada layar berikutnya, pilih "This is my old computer".

  8. Berikutnya, Windows Easy Transfer melakukan scan hard drive komputer Anda, mencari dalam Library Anda dan folder Shared Items.
    Catatan: Secara default, Easy Transfer memilih seluruh file dan folder pada kedua lokasi. Karena saya hanya ingin memindah folder Saya, maka Saya tidak cek kota Shared Item.

    Catatan: Jika Anda tidak ingin semua file pada library Anda di copy, klik Customize untuk mengakses pohon direktori dan subfolders. Ilustrasi di bawah ini akan menjelaskan prosedurnya.

  9. Ketika Anda telah membuat keputusan, klik tombol next
  10. Easy Transfer membuka layar berikutnya, Anda bisa memilih lokasi untuk file Easy Transfer Anda

    Catatan: Saya memilih Drive (G:). Ini adalah portable hard drive.
  11. Klik tombol Open
  12. Jendela baru terbuka yaitu "Save your Easy Transfer File" yang menampilkan lokasi drive dan nama file untuk file Easy Transfer Anda. Anda akan melihat nama file tersebut disorot pada kotak nama file.

    Catatan: Anda boleh mengganti namanya sesuai keinginan Anda.
  13. Klik tombol Save
  14. Layar berikutnya muncul menginformasikan Anda bahwa file Anda dan settingannya telah siap untuk disimpan. Pada layar ini ada pilihan untuk memberikan password untuk proteksi file Anda.

  15. Jika Anda memilih pilihan ini, masukkan password dan klik tombol Save. Jika tidak, lanjutkan ke langkah beirkutnya.
  16. Jika Anda tidak membutuhkan pilihan ini, maka klik tombol Save
  17. Windows easy Transfer akan memulai proses penyimpanan file Anda. Proses ini membutuhkan sedikit waktu tergantung dari ukuran file dan folder yang Anda simpan. Layar berikutnya menginformasikan kepada Anda file dan settingan telah selesai disimpan untuk ditransfer. Klik tombol Next

  18. Sebentar lagi proses transfer file Anda akan selesai. Pada layar berikutnya, Windows Easy Transfer menginformasikan Anda dimana lokasi file transfer. Klik tombol Next

  19. Pada layar terakhir, klik tombol Close. Perkejaan yang berat tadi udah selesai. File dan folder Anda telah terselamatkan.

Mengecek lokasi dari File Easy Transfer

Buka hard drive portable Anda. Di dalamnya akan Anda lihat file easy transfer telah disimpan dengan aman dan menunggu sampai Anda siap untuk memindahkannya pada komputer yang baru.


Saya belum melakukan "Clean" instalasi Windows 7. Ketika Saya telah melakukannya nanti, Saya akan memindahkan file Easy Transfer tadi ke hard drive Saya. Pada postingan berikutnya saya akan mencoba untuk membahas topik "Memindahkan File Easy Transfer Anda".

No comments:

Post a Comment